Kulon Progo(MAN 2 KP) – Mulai hari ini, Kamis (13/1/2022) MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) hingga Jumat (14/1) di Aula Kampus Utama MAN 2 Kulon Progo dan Sabtu (22/1) mendatang di Rajendra Farm. Tema yang diusung pada LDK kali ini adalah ‘Power Kepemimpinan Generasi Muda Islami, Cerdas, Kreatif, & Inovatif Berwawasan Kebangsaan’. LDK sendiri merupakan sebuah pelatihan dasar yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada peserta yang nantinya akan menjadi pemimpin dari suatu organisasi.

Kegiatan LDK hari pertama diawali pembukaan oleh kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, S.Pd., M.Pd sekaligus penyerahan secara simbolik piagam penghargaan Kemanusiaan untuk Palestina dari ACT (Aksi Cepat Tanggap). Agenda dilanjutkan dengan pemaparan program dari semua organisasi  siswa yang ada di MAN 2 Kulon Progo, antara lain MPK (Majelis Perwakilan Kelas), OSIS, Duta Literasi, Adiwiyata, MIY (MANDAKU Islamic Youth), PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), dan perwakilan ekstrakurikuler.

Berbagai materi diberikan dalam LDK, salah satunya tentang motivasi dan spiritual oleh Bapak Erik Hadi Saputra, Dosen AMIKOM. Dalam paparannya mengambil salah satu dari slogan yang ada di MAN 2 Kulon Progo yakni SIAP 100 % yang merupakan kependekan dari Sepenuh hati, Ikhlas, Amanah, Pantang menyerah. “Dalam berorganisasi harus menjalankan sepenuh hati, ikhlas, tidak mengeluh, dan jadilah seperti lilin magic, yang ditiup akan padam tapi lihat sebentar lagi, dia akan menyala. Kunci sukses adalah kesabaran, sabarlah saat tidak mempunyai apa-apa, lihatlah 5 tahun yang akan datang, sikap kalianlah yang akan menentukan kesuksesan kalian. Lihatlah seberapa banyak memberikan manfaat untuk orang lain,” ujarnya diakhir sesi.

Di akhir acara, kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, S.Pd, M.Pd juga memberikan sebuah pesan, “Manfaat organisasi sudah bisa dirasakan yaitu dapat mengetahui karakter banyak orang. Anak-anak sudah mempunyai pola pikir dewasa, bisa menghadapi karakter banyak orang, bisa menghadapi dengan bijaksana. Karakter tidak bisa instan, harus dilatih dan berproses,” tegasnya.

Athiya Respati, ketua OSIS sekaligus perwakilan dari peserta LDK mengucapkan terimakasihnya kepada Erik. “Terima  kasih sudah meluangkan waktu dan ilmunya kepada kita, saya mewakili teman-teman yang ada di sini mengucapkan terima kasih, sehat selalu, dan sugeng kondur semoga lancar perjalanannya.”

Kegiatan LDK hari pertama yang dipandu oleh sie acara, Siamri, S.Sn. dan tim kesiswaan berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari peserta LDK. Kegiatan diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah oleh semua peserta LDK. (yun/ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.