Kulon Progo (MTsN6KP) – Pembiasaan membaca Al Qur’an sangatlah baik untuk mencetak generasi yang mencintainya. Selain itu, keistiqamahan membaca Al-Qur’an berdampak pada pembentukan karakter yang baik. Harapan mulia tersebut menjadi impian setiap insan. Seperti halnya kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di MTsN 6 Kulon Progo. Kegiatan TPA ini bertujuan mendidik para siswa untuk lebih mencintai Al-Quran, fasih dalam membacanya, serta memperhatikan adab-adab membaca Al-Quran.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, Zainuri, S.Pd. M.S.I. di sela-sela kegiatan, Sabtu (15/1/2022) menegaskan bahwa kegiatan TPA harus dilaksanakan agar seluruh siswa MTsN 6 Kulon Progo mampu membaca Al Qur’an dengan fasih dan bertajwid. “Kegiatan TPA ini harus istiqamah dilaksanakan. Bila semua siswa mampu membaca Al Qur’an dengan fasih dan baik. Beberapa program lainnya turut berjalan lancar. Mata pelajaran PAI, Bahasa Arab, dan Tahfiz akan sangat terbantu bila siswa sudah lancar membaca Al Qur’an,” tutur Kamad.

Senada dengan pernyataan Kamad, Koordinator TPA MTsN 6 Kulon Progo, Rr. Tatik Romdhiyati, S.Ag. turut menyampaikan bahwa belajar membaca Al Qur’an melalui TPA harus dilakukan dengan rutin. “Dengan mempelajari Al Qur’an secara rutin, tentu mampu menumbuhkan karakter yang baik atau akhlakul karimah. Hal ini sangat bagus untuk pembentukan kedisiplinan dan pembentukan karakter siswa,” paparnya.

Kemudian Tatik menerangkan tentang rutinitas TPA ini. “Kegiatan TPA ini dilaksanakan dua kali seminggu, dan bertempat di mushalla madrasah. Pengampu kegiatan TPA berasal dari Guru MTsN 6 Kulon Progo dan beberapa dari luar madrasah,” pungkasnya. (mar/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.