Pembinaan Guru PAI, Kakan Wahib Jamil: Karakter Anak Tanggungjawab Bersama

Pembinaan Guru PAI, Kakan Wahib Jamil: Karakter Anak Tanggungjawab Bersama

Kulon Progo (Kankemenag) – Di era kemajuan teknologii informasi dan perkembangan dunia saat ini, setidaknya ada 3 arah pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah pembentukan karakter. Karena karakter anak sesungguhnya menjadi tanggungjawab bersama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Pembinaan Guru PAI serta Bimtek Penyusunan Soal HOTS yang berlangsung di Aula Menoreh kantor setempat, Rabu (8/6/2022) siang.

“Karakter anak menjadi tanggungjawab bersama. Jadi semua guru harus terlibat dan berperan aktif. Tidak hanya guru agama saja. dan ini menjadi salah satu dari arah pendidikan di Indonesia pada era kemajuan teknologi informasi dan perkembangan dunia saat ini,” ujarnya.

Pembinaan Guru PAI, Kakan Wahib Jamil: Karakter Anak Tanggungjawab Bersama

“Kemudian guru juga harus berperan aktif dalam mewujudkan empat kompetensi berpikir bagi peserta didik. Yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Selain itu juga agar selalu mengupayakan peningkatan literasi. Hal ini agar pemahaman terhadap suatu informasi bisa diterima dengan baik,” imbuh Kakan.

“Linieritas ternyata tidak mampu untuk menjawab semua persoalan. Maka integrase menjadi sangat penting dalam penyelesaian suatu persoalan yang dihadapi. Guru agama diharapkan juga mendukung 7 program prioritas Kementerian Agama. Antara lain yang dapat dilakukan adalah moderasi beragama yang kemudian akan berimbas pada meningkatnya indeks religiusitas. Dari situ kemudian akan muncul sikap toleransi yang muaranya pada terciptanya kerukunan umat beragama,” pungkas Jamil.

Acara Bimtek Penyusunan Soal HOTS tersebut akan berlangsung selama 3 hari yakni Rabu-Jum’at (8-10/6/2022) dengan peserta guru PAI SMA/SMK, SMP, dan SD. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.