Songsong Akreditasi 2023, MAN 1 Kulon Progo Hadirkan Pengawas Madrasah

Kulon Progo (MAN1KP) –  Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi akreditasi tahun 2023, MAN 1 Kulon Progo menghadirkan Pengawas Madrasah Aliyah (MA) Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., M.A untuk melakukan pembinaan berkaitan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada Sabtu (6/8/2022) pagi di ruang AVA madrasah setempat. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru dan pegawai MAN 1 Kulon Progo.

Pada kesempatan tersebut, Kalimah mengawali materinya mengenai akreditasi madrasah tahun 2023 yang kini menjadi empat standar, yakni mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen sekolah.
Lebih lanjut Kalimah menyampaikan materi Teknis Pelaksanaan Akreditasi Tahap II Tahun 2022 yang ditulis langsung oleh Sugeng Subagya (Sekretaris BAN-S/M-P DIY). Langkah-langkah akreditasi yang harus dilakukan dijelaskan secara terperinci mulai dari melakukan ajuan re-akreditasi melalui Sispena, update data pada DAPODIK atau EMIS, input Data Unggahan (DU) dan Data Isian Akreditasi (DIA) pada Sispena, menyiapkan tim akreditasi, dan menyiapkan data fisik dan digital visitasi.


“Agar akreditasi bisa berjalan lancar maka madrasah perlu mempersiapkan segala sesuatunya dari awal,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya. “Jadwal akreditasi MAN 1 Kulon Progo di tahun 2023 besuk. Agar kegiatan akreditasi dapat berjalan lancar dan baik maka kami meminta pembinaan dan bimbingan dari pengawas MA Kemenag Kabupaten Kulon Progo,” ucapnya.

“Semoga MAN 1 Kulon Progo mampu mengikuti langkah-langkah akreditasi dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” harap Edi mengakhiri sambutannya. (nhd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.